GKI Surya Utama adalah jemaat yang terbuka dan menyambut siapa saja yang rindu untuk bersekutu sebagai satu tubuh Kristus dalam warisan tradisi GKI.

Untuk itu kami mengenal anggota jemaat anak dan dewasa.

Anak yaitu mereka yang dibaptis ketika berusia di bawah 15 tahun di GKI Surya Utama.

Sedangkan dewasa yaitu mereka yang dibaptis ketika berusia di atas 15 tahun atau telah mengaku percaya (sidi) di GKI Surya Utama, atau mereka yang telah dibaptis dewasa/sidi di gereja lain yang atestasi masuk ke GKI Surya Utama.

Perlu dipahami di sini bahwa yang dimaksud dengan jemaat” bukanlah individu, melainkan gereja lokal (congregation). Orang-orangnya kita sebut sebagai anggota jemaat, atau warga jemaat, atau simpatisan.

Berikut ini persyaratan yang diminta untuk pelayanan baptis anak, baptis dewasa, sidi, maupun atestasi masuk.

Pelayanan GKI Surya Utama dan Persyaratannya

Baptis Anak

  1. Calon baptis berusia di bawah 15 tahun.
  2. Orang tua/wali mengajukan permohonan tertulis (formulir dapat diperoleh di Tata Usaha)
  3. Orang tua/wali adalah anggota dewasa dari GKI Surya Utama.
  4. Orang tua/wali mengikuti percakapan gerejawi mengenai motivasi dan penghayatan Baptisan Anak.
  5. Orang tua/wali yang merupakan anggota dewasa gereja lain yang seazas dapat membaptiskan anak mereka dengan surat permohonan dari gereja yang bersangkutan.
  6. Pelayanan Baptis Kudus Anak akan dilakukan setelah 3 kali pewartaan di warta jemaat dan tidak ada keberatan dari anggota jemaat yang lain.

Unduh formulir baptis anak di sini

Baptis Dewasa dan Sidi

Baptis dewasa adalah untuk mereka yang belum pernah dibaptis, sementara sidi adalah peneguhan iman untuk mereka yang sudah pernah dibaptis sebelumnya.

  1. Telah berusia di atas 15 tahun.
  2. Telah mengikuti kelas katekisasi.
  3. Mengajukan surat permohonan untuk dibaptis/sidi
  4. Mengikuti percakapan gerejawi dengan anggota Majelis Jemaat.
  5. Nama calon akan diwartakan selama 3 minggu berturut-turut, jika tidak ada keberatan dari anggota jemaat yang lain, maka calon dapat dibaptis atau diteguhkan baptisannya.
  6. Baptis dan sidi juga dapat dilayankan berdasarkan permohonan dari jemaat lain.

Atestasi Masuk/Penerimaan Anggota

Atestasi adalah istilah yang berarti perpindahan seorang anggota jemaat ke jemaat atau gereja lainnya.

  1. Mengajukan surat permohonan kepada jemaat asal yang menyatakan ingin pindah menjadi anggota GKI Surya Utama dengan mencantumkan alasan perpindahan.
  2. Jemaat asal memberikan surat keterangan pindah keapda GKI Surya Utama.
  3. Melalui percakapan gerejawi dengan pendeta atau penatua mengenai motivasi atestasi, pokok-pokok pengajaran GKI, tata gereja, serta peran serta dalam bergereja. Untuk beberapa kasus, misalnya jika yang bersangkutan berasal dari gereja yang tidak seazas dengan GKI, maka katekisasi diperlukan.
  4. Penerimaan anggota akan diwartakan di warta jemaat dan yang bersangkutan diperkenalkan di dalam salah satu ibadah Minggu.

Unduh formulir atestas di sini

Katekisasi

Bagi mereka yang mau dibaptis (dewasa) atau diteguhkan baptisannya, atau mereka yang atestasi masuk dari gereja lain yang tidak seazas, maka diwajibkan untuk mengikuti kelas katekisai. Apakah katekisasi itu?

Katekisasi adalah kelas pemahaman iman yang dimaksudkan agar pesertanya memiliki pemahaman tentang dasar-dasar iman Kristen. Namun karena berbicara tentang iman Kristen itu sendiri sangat luas, maka harus dipahami bahwa dasar-dasar yang diberikan di sini berada dalam kerangka pemahaman GKI.

Di dalam kelas yang berlangsung selama 7-9 bulan ini, katekisan mendapat pelajaran mengenai Alkitab, Allah Tritunggal, Dosa dan Pengampunan, Gereja, ibadah, akhir zaman, teologi sosial, dan sebagainya. Katekisasi akan ditutup dengan retret pra baptis yang dimaksudkan untuk menguji dan mempersiapkan para katekisan untuk memberikan diri dibaptis. Di dalam retret tersebut juga akan diadakan percakapan dengan anggota Majelis Jemaat yang merupakan syarat baptisan atau peneguhan baptis.

Setiap tahun kelas ini berlangsung selama Agustus-Maret, pada setiap hari Jumat pukul 19.30. Kelas katekisasi ini, walau diutamakan bagi mereka yang akan dibaptis/sidi, juga terbuka bagi siapa saja yang memiliki kerinduan untuk mendapat pemahaman mendasar dan runut tentang iman Kristen.

Pernikahan

Pernikahan adalah suatu peristiwa yang menggembirakan dan merupakan tanda pemeliharaan Allah terhadap gereja-Nya, karena melalui pernikahan keluarga terbentuk, dan keluarga-keluarga adalah wujud dan elemen gereja yang mendasar. Oleh karena itu GKI tidak menganggap remeh pernikahan, dan pernikahan yang dimaksud di sini bukan sekedar perayaan pesta atau upacara, melainkan peneguhan dan pemberkatan pernikahan itu.

GKI memahami bahwa yang menikahkan sepasang suami istri adalah negara, oleh karena itu setiap pasangan yang akan diteguhkan dan diberkati pada hari yang bersamaan (jika bukan sebelumnya) harus melakukan catatan sipil.

Bagi saudara yang ingin dilayani peneguhan dan pemberkatan pernikahannya di GKI Surya Utama, berikut beberapa syarat yang perlu dipenuhi.

  1. Kedua calon mempelai adalah anggota dewasa GKI Surya Utama, atau salah satunya, atau anggota dewasa jemaat lain yang mendapat surat permohonan dari jemaat asalnya untuk diteguhkan dan diberkati pernikahannya di GKI Surya Utama.
  2. Mengikuti bina pra nikah setidaknya 3 bulan sebelum pernikahan berlangsung. Untuk itu pasangan membutuhkan surat pengantar dari jemaat, dan untuk itu pasangan perlu melakukan percakapan pastoral dengan pendeta. Silakan menghubungi pendeta/Tata Usaha Gereja untuk membuat perjanjian percakapan.
  3. Melakukan percakapan pra nikah dengan pendeta dan penatua yang akan bertugas pada ibadah peneguhan dan pemberkatan. Pendeta dan penatua yang bertugas akan diatur oleh Majelis Jemaat.
  4. Rencana pernikahan akan diwartakan selama dua minggu berturut-turut setidaknya sebulan sebelum pernikahan, dan jika tidak ada keberatan dari anggota jemaat pernikahan dapat dilangsungkan.

Sering kali calon mempelai sibuk mempersiapkan pesta pernikahan dan mengabaikan ibadah di gereja, hal ini perlu diperhatikan karena bisa saja pada hari yang dipilih berbenturan dengan berbagai kegiatan lain di gereja. Oleh karena itu, baiknya jauh hari sebelum membooking tempat pesta, calon mempelai menghubungi gereja terlebih dulu. Mohon dimengerti juga bahwa GKI Surya Utama tidak melakukan pelayanan peneguhan dan pemberkatan nikah pada hari Minggu.

Unduh formulir pernikahan di sini

(formulir dapat diisi langsung dan dikirimkan ke tugkisu@gmail.com)

SYARAT PENGAJUAN PERMOHONAN SURAT PENGANTAR BINA PRA NIKAH:

Minimal 2 minggu sebelum tanggal Bina Pranikah menghubungi Tata Usaha untuk klarifikasi jadwal percakapan pastoral dengan pendeta (harus dilakukan secara tatap muka dan berpasangan). Jika kurang dari 2 minggu, harap menunggu Majelis Jemaat untuk mengkonfirmasi ketersediaan waktu pendeta, apabila tidak ditemukan jadwal yang cocok, Bina Pra-Nikah terpaksa diundur ke waktu yang memungkinkan.

Orang Sakit & Kedukaan

Suka maupun duka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia. Sebisa mungkin GKI Surya Utama ingin hadir bersama saudara seandainya saat-saat yang berat datang menerpa.

Oleh karena itu kami bersedia dan siap melayani orang sakit, Perjamuan Kudus rumahan, maupun kedukaan. Tidak ada banyak syarat untuk itu, siapa saja yang membutuhkan pelayanan silakan langsung menghubungi pendeta, penatua, atau bahkan melalui kantor Tata Usaha gereja.

Ask us

Your Name

Your Email

Your question