Komisi Pemuda GKI Surya Utama (KPSU), merupakan wadah yang disediakan bagi para jemaat pemuda untuk beribadah dan melayani di GKI Surya Utama. KPSU sendiri telah berdiri sejak tahun 1984, pada awal berdirinya, jadwal kebaktian pemuda berlangsung pukul 5 sore bersamaan dengan jadwal kebaktian umum ke-3. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya pada tahun 2005 jadwal kebaktian dipindahkan ke pukul 9 pagi, awal yang tidak mudah memang, karena terjadi pergantian pada hampir seluruh jemaat beserta pengurus, yang berarti juga terjadi perubahan kultur secara mendasar.

Dengan mungusung visi Servant Leadership (pemimpin yang melayani) dengan Tuhan Yesus sebagai role modelnya, KPSU berharap agar setiap jemaatnya dapat menjadi pemimpin yang melayani di keluarga, masyarakat dan dimanapun Tuhan menempatkan mereka.

Misi KPSU yang pertama adalah menjadikan jemaatnya lebih dewasa dalam pengenalan iman Kristen dan kritis terhadap pengajaran, informasi dan situasi yang ada, hal ini diwujudkan dengan memasukkan doktrin/pengajaran pada tema kebaktian mingguan dan mengadakan minggu bina (seminar bersifat kelas) rutin setiap 1 bulan sekali yang mengupas berbagai doktrin dan ajaran yang ada, misalnya doktrin Calvinisme (TULIP), Trinitas, dan sebagainya.

Misi KPSU yang kedua adalah adalah meningkatkan rasa tanggung jawab dan mengembangkan pelayanan di gereja, keluarga dan masyarakat, termasuk juga lebih peduli dan menjadi berkat. Menjawab misi yang kedua ini, salah satu hal nyata yang telah kami lakukan bersama komisi remaja adalah dengan mengadakan bazaar murah selama dua tahun berturut-turut dan juga mengadakan kelas pembinaan inggris secara rutin bagi mereka yang kurang mampu.

Kepemimpinan yang baik tidak ada artinya tanpa adanya regenerasi, karena itu misi KPSU yang ketiga adalah membentuk pemimpin-pimimpin baru yang dapat melahirkan pemimpin-pemimpin lain.

Melalui berbagai kegiatan seperti kelompok kecil LG (Life Group) yang diadakan rutin dua kali dalam sebulan dan vocal group (VG), diharapkan setiap jemaat pemuda dapat menemukan komunitasnya sebagai tempat untuk berbagi, bertumbuh dan berkarya bersama bagi kemuliaan Kristus.

Mari kita bertumbuh dan berkarya bersama dalam kasih kepada Kristus sebagaimana tertulis dalam Roma 11:36 yang berbunyi: “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”