28
October
8:30 AM — 12:30 PM
GKI Surya Utama
Jl. Surya Utama Blok W No. 1 - 3, Surya Gardenia (Sunrise Garden)

Jakarta Barat, Jakarta 11520 Indonesia
Loading Events
  • This event has passed.

TOPIK

Sukses Membentuk Anak Tangguh Secara Sosial, Emosional dan Spiritual

(Pola Pengasuhan Yang Tepat Untuk Anak Era Milenial Generasi Z dan Generasi Alpha)

LATAR BELAKANG

Perubahan jaman dan perkembangan teknologi banyak membawa perubahan pada pola asuh dan pola perilaku anak. Anak-anak masa generasi sekarang tentunya berbeda dengan generasi sebelumnya. Bahkan perilaku anak-anak generasi Z dan terlebih generasi Alpha sangat berbeda jauh dengan generasi sebelumnya.

  • Perkembangan teknologi membuat anak sekarang menjadi anak yang lebih cerdas dan memiliki wawasan yang luas. Namun di sisi lain mereka cenderung lebih bersifat individualis dan skeptis, sehingga kurang peka terhadap lingkungannya dan kurang peduli pada apa yang terjadi di lingkungannya serta kurang bisa berbagi. Mereka juga sulit untuk menerima pengaturan dari orang lain dan kurang mau mendengarkan pendapat orang lain, terlebih apabila terkesan menggurui.
  • Kemajuan kondisi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah tersedia dan mudah didapat. Kemudahan yang tersedia membuat anak kurang memiliki daya juang. Mereka mudah menyerah jika diperhadapkan pada suatu kesulitan atau hambatan. Akhirnya cepat untuk mencari pelarian atau beralih fokus bila hal yang ingin dicapai dirasakan tidak bisa cepat didapatnya.
  • Kurangnya minat pada hubungan sosial secara langsung, membuat anak kurang memiliki kemampuan untuk mengelola emosinya. Anak mudah menjadi baper atau cepat tersinggung ketika menerima kata-kata atau perlakuan yang tidak sesuai harapannya. Hal kecil bisa membuat mereka merasa sudah dibully.
  • Dalam melakukan sesuatu, anak bukan melakukannya karena tanggung jawab atau atas kesadaran yang dibangunnya sendiri, tetapi lebih untuk tujuan mendapatkan reward dari orang lain. Bila tidak mendapatkannya, maka ia cenderung untuk merubah perilakunya, bahkan melakukan hal yang sebaliknya untuk mendapatkan perhatian.

Mengapa hal itu bisa terjadi ? Apakah karena faktor lingkungan semata ? Adakah peran orang tua ? Penting bagi orang tua untuk melakukan introspeksi diri. Apakah orang tua sudah menerapkan pola pengasuhan yang tepat serta menunjukkan perilaku yang dapat dijadikan contoh tepat untuk anak-anaknya ? Anak bukanlah produk zaman dan masyarakat/lingkungan semata, yang hasil bentukannya tergantung lingkungan dan kondisi saat itu. Sebaliknya, peran orang tua jauh lebih menentukan dalam proses pembentukan anak. Akan jadi seperti apa seorang anak kelak, tergantung pembentukan dari dalam keluarganya.

TUJUAN

  • Memberikan gambaran kepada orang tua tentang peran penting orang tua dalam pengasuhan dan pendidikan anak di era teknologi yang semakin canggih
  • Mengajak orang tua untuk melakukan introspeksi diri tentang pola pengasuhan yang selama ini diterapkan untuk anak-anaknya
  • Memberikan informasi tentang pola pengasuhan anak yang tepat sesuai dengan tuntutan jaman dan sesuai dengan dasar-dasar kekristenan
  • Meningkatkan kualitas pola pengasuhan dan komunikasi yang tepat dalam menghadapi anak-anak masa kini, dengan tetap berlandaskan nilai-nilai kekristenan

Hari/tanggal : Sabtu, 28 Oktober 2017

Waktu : Pkl. 08.30 12.30

Tempat : GKI Surya Utama

Upcoming Events

01
November

Bulan Pemuda

9:00 AM — 11:00 AM
@ GKI Surya Utama
Read More
16
December

Natal Komisi Anak

5:00 PM — 7:00 PM
@ GKI Surya Utama
Read More